Kegiatan yang Dilarang saat Hamil Muda Agar Kehamilan tetap Aman

Selama masa kehamilan, seorang ibu tentu berada dalam kondisi yang lebih rentan dibandingkan dengan ketika sebelum hamil. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga kondisi ibu dan janin selama melewati masa-masa kehamilan. Salah satu hal yang penting adalah meninggalkan kegiatan yang dilarang saat hamil muda termasuk posisi women on top saat berhubungan suami istri.

Kegiatan yang Dilarang saat Hamil Muda Agar Kehamilan tetap Aman

Kegiatan-kegiatan yang memberatkan, tentu tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Kegiatan yang memberatkan akan berakibat fatal pada ibu dan janin. Bahkan, di kondisi tertentu dapat menyebabkan kematian.

Kegiatan yang Dilarang saat Hamil Muda di Tiap Trimester
Banyak sekali kegiatan yang harus dihindari selama masa kehamilan di setiap trimesternya. Menghindari kegiatan ini bisa menghindarkan risiko buruk bagi ibu dan janin selama masa kehamilan. Berikut aneka kegiatan yang dilarang saat hamil muda.

Trimester Pertama
Di trimester pertama atau kehamilan yang masih sangat muda, tentu kehamilan berada dalam masa-masa yang sangat rentan. Berikut sejumlah kegiatan yang harus dihindari selama masa ini.

• Terkontaminasi udara beracun
Ketika bekerja di lingkungan yang memungkinkan ibu hamil terkontaminasi udara beracun, maka sebaiknya ibu hamil memutuskan untuk berhenti bekerja atau mengenakan masker agar tetap aman.

• Merokok
Bagi ibu hamil yang memang aktif merokok, maka sebaiknya memberhentikan aktivitas tersebut selama masa kehamilan. Tak hanya itu, hindari kontak langsung dengan para perokok aktif sehingga tidak terpapar asap rokok.

• Mengonsumsi alkohol
Meminum minuman keras dapat berdampak buruk bagi ibu dan janin. Bayi bisa mengalami komplikasi serius, seperti cacat lahir dan penyakit dalam lainnya.

• Sauna atau berendam air panas
Ketika lemah di trimester pertama, tak jarang ibu hamil menginginkan untuk berendam air panas. Air panas dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan bahkan hingga keguguran.

Trimester Kedua
Berikut kegiatan yang harus dihindari selama masa kehamilan di trimester kedua.

• Tidur telentang
Tidur dalam posisi telentang dapat menyebabkan bayi tidak memperoleh suplai oksigen yang cukup dan meningkatkan risiko kematian pada bayi.

• Olahraga berat
Olahraga berat selama kehamilan di trimester kedua dapat menyebabkan risiko yang lebih besar pada ibu dan janinnya.

• Memakai sepatu tinggi
Hindari mengenakan sepatu berhak tinggi selama kehamilan. Sepatu hak tinggi bisa membuat tubuh ibu hamil menjadi tidak stabil.

Trimester Ketiga
Berikut kegiatan yang harus dihindari selama masa kehamilan di trimester ketiga.

• Aktivitas yang banyak membungkuk
Membungkuk dapat menyebabkan ibu merasa sakit pada bagian punggung. Selain itu, janin juga berada pada posisi berisiko.

• Menyelam
Menyelam dapat membuat sirkulasi udara pada janin menjadi terganggu sehingga dapat menyebabkan janin kekurangan oksigen.

• Operasi plastik
Operasi plastik dapat menyebabkan bayi mengalami kecacatan ketika lahir.

Itulah berbagai kegiatan yang dilarang saat hamil muda. Menghindari kegiatan-kegiatan berisiko selama masa kehamilan dapat membuat ibu dan janin dalam kondisi aman dan nyaman. Ini juga dapat meminimalisir risiko janin hamil lahir prematur.
Share
 
Copyright © 2015. surbatteries.com.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License