Daya Tarik Jerman bagi Wisatawan

erman berkembang menjadi tujuan wisata favorit dalam berbagai tahun terbaru ini. Okupansi hotel di Jerman tahun lalu mencapai rekor paling atas. Siapa saja turis yang datang dan apa yang mereka sukai di Jerman.

Badan statistik Jerman tahun 2012 mencatat 407,4 juta hunian kamar hotel alias okupansi di Jerman. Rekor ini khususnya sebab kunjungan wisatawan asing. Untuk pertama kalinya kurang lebih 68,8 juta hunian kamar hotel berasal dari turis internasional yang amat menyukai wisata ke kota-kota di Jerman.

Daya Tarik Jerman bagi Wisatawan


Menurut badan monitor nilai pariwisata Jerman, kurang lebih 41 persen tamu luar negeri datang untuk menonton obyek wisata yang tersebar di seluruh Jerman. Yang khususnya tak sedikit dikunjungi adalah obyek yang tersedia di Berlin.

Ibukota Jerman itu punya tiga obyek wisata paling digemari. Masing-masing Gerbang Brandenburger (Brandenburger Tor), Museuminsel (Pulau Museum) dengan koleksi benda-benda bersejarahnya dan istana-istana raja dan dan taman-taman di Berlin dan Potsdam.

Sebagai argumen kunjungan di posisi dua, turis asing berminat kondisi dan pemandangan alam di negara tahap Bayern. Ceo berkas sejarah pariwisata Universitas Teknik Berlin Prof. Dr Hasso Spode menonton daya tarik lain negara tahap Bayern bagi para turis.

"Kawasan ini menentukan bagi tak sedikit warga asing, yang terus jauh jarak mereka dari Jerman, sebagai fotoan baku Jerman, dengan musik tiup dan Oktoberfest. Itu adalah tren wisata tradisional abad ke-19." Juga kota Heidelberg, Rotenburg ob der Tauber alias Istana Neuschwanstein tergolong tren wisata seperti ini. "Tren wisata baru adalah Berlin, Hamburg, M√ľnchen. Apalagi Berlin amat hebat bagi warga muda sebagai tempat kenasiban budaya,“ kata Prof. Spode.

Laut Utara dan Baltik Jerman juga mengajak tamu-tamu untuk berlibur. Tapi di sini khususnya warga Jerman sendiri yang menentukan tingginya jumlah pengunjung. Dari 338,6 juta pengunjung tahun lalu, lebih dari 80 persen tingkat hunian kamar hotel adalah kontribusi turis domestik.

Tren lainnya yang menandai pariwisata Jerman adalah wisata belanja. Data menunjukkan 11 persen turis asing menonton tawaran belanja sebagai hal yang penting. Tak jarangnya para turis dari Cina yang memandang Eropa sebagai simbol status.

Tidak sedikit pelancong ke Jerman tetap berasal dari Belanda dan Amerika Serikat. Tapi Cina yang sejak 2012 menjadi juara berlibur baru di dunia, juga mulai menyusul. Turis dari negara BRIC lainnya seperti Brasil, Rusia dan India dan turis dari Eropa Timur dan Eropa Tenggara yang berlibur ke Jerman juga terus meningkat. Satu tahun seusai bencana Fukushima, turis Jepang mulai kembali tampak berkunjung ke Jerman.

Terlepas dari perkembangan tren dan kampanye pemasaran, pariwisata di abad ke-21 tak berubah dengan cara mendasar, demikian pendapat ahli sejarah pariwisata Spode. Hanya saat ini pencarian tempat yang istimewa untuk berlibur, bagi para wisatawan berjalan dengan cara global.
Share
 
Copyright © 2015. surbatteries.com.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License